Cara Membuat Nomor Halaman dengan Posisi Berbeda pada Microsoft Word 2016

Cara Membuat Nomor Halaman dengan Posisi Berbeda pada Microsoft Word 2016

Sudah ada yang pernah membuat halaman pada Microsoft Word? namun bingung ketika tugas makalah atau skripsi mengharuskan setiap BAB halaman dan ISI halaman harus berbeda posisi penomoran halamannya? 

Disini saya akan membagikan pengalaman saya ketika saya juga diberikan tugas untuk mengerjakan makalah dan skripsi, sempat bingung ketika saya diharuskan membedakan posisi penomoran halamannya berada di satu file, oke langsung aja tidak perlu lama-lama berikut langkah bagaimana cara membuat nomor halaman dengan posisi berbeda pada Ms. Word 2016.

Membuat Nomor Halaman dengan Posisi Berbeda


Langkah-langkah :


  1. Buka aplikasi Ms. Word 2016 pada komputer/laptop anda atau (file makalah yang akan diedit)
  2. Klik insert → Page Number → Bottom of Page → Plain number 2 atau bagian bawah tengah
  3. Pastikan Cursor anda berada di isi halaman paling akhir → Layout → Breaks → Next Page seperti pada contoh gambar berikut :
  4. Contoh gambar setelah kita melakukan Next Page anda lakukan pada saat langkah ke 3 maka hasil akan seperti berikut :
  5. Pada halaman berikutnya klik Insert → Top of Page → Plain number 3 atau atas bagian kanan seperti pada gambar berikut :
  6. Pada halaman dua pastikan kursor berada di angka halaman 2 (dua) → Link to PreviousPada halaman pertama hapus angka halaman 1 (satu) 
  7. Pada halaman dua hapus penomoran halaman 2 yang berada di tengah pastikan kursor di angka 2 klik Link to Previous → Hapus halaman 2
  8. Selesai, halaman pertama atau sub BAB halaman di tengah dan ISI halaman di sebelah kanan atas
  9. Selesai
Note : Tutorial penomoran halaman disini saya menggunakan sub BAB di bawah dan ISI halaman di kanan bagian atas karena biasanya format makalah, kegaiatan laporan dan skripsi seperti demikian.