Pentingnya dan Cara Menggunakan Masker yang Benar

Pentingnya dan Cara Menggunakan Masker yang Benar


Kesempatan kali ini ZalrizBlog akan sedikit berbeda karena yang kita tahu saat ini sedang adanya pandemi covid-19 membosankan memang, pemerintah melalui menteri kesehatannya menyarankan agar kita semua tidak berkerumunan karena memang virus tersebut dapat menyebar luas dengan cepat melalu udara.

Seperti yang sobat ZalrizBlog ketahui letak geografis Indonesia di 6° LU-11° LS, dengan arti bahwa kita berada di zona tropis (23,5° LU-23,5° LS). Dengan kata lain, Indonesia akan mendapat penyinaran matahari sepanjang tahun. 

Dampaknya adalah suhu udara cenderung tinggi. Kelembaban tinggi. dan curah hujan tinggi. Perubahan iklim di Indonesia merupakan permasalahan yang penting, karena banyaknya populasi hidup yang dapat terkena dampak  dari perubahan suhu, curah hujan dan perubahan klimatik lainnya.


Indonesia sendiri mempunya dua musim, yakni musim hujan dan musim kemarau, infeksi saluran nafas merupakan salah satu dampak dari  musim kemarau dikarenakan kemarau mengurangi kualitas udara dan membahayakan kesehatan

Nyeri dada, penyakit menular, Selama kekeringan, akan berakibat tanah kering dan kebakaran hutan dan mengakibatkan peningkatan jumlah partikel udara dalam bentuk asap, sehingga mampu mengiritasi saluran nafas dan mampu memperburuk penyakit pernafasan kronis dan meningkatkan risiko infeksi saluran nafas atas.  

Saat ini, sebelum ada virus covid-19 datang Indonesia menjadi negara dengan beban Tuberkulosa (TBC) tertinggi ketiga dunia. TBC merupakan salah satu penyakit yang dapat ditularkan melalui udara dengan partikel kurang dari 5 ยต (Airborne Transmition).


Nah berhubung saat ini memang keadaannya sedang ada pandemi covid-19 alangkah lebih baiknya kita menggunakan masker karena dengan menggunakan masker virus tidak dapat mudah langsung masuk ke tubuh kita.

Cara Menggunakan Masker


  • Memegang pada bagian tali (kaitkan pada kedua telinga atau pasang dan simpulkan apabila menggunakakan tali lepas)
  • Kencangkan tali pada bagian tengah kepala
  • Tekan klip tipis sesuai lekuk tulang hidung
  • Memastikan agar masker melekat pada bagian wajah dan bawah dagu
  • Pastikan masker menutupi hidung dan mulut

Disamping kita mengetahui cara menggunakan masker akan lenih baik juga kita harus memperhatikan cara melepas masker dengan benar.

Cara Melepaskan Masker dengan Benar


  • Lepaskan masker tanpa menyentuh bagian luar masker, pegang saja talinya
  • Buang masker ke tempat sampah
  • Lakukan kebersihan dengan cuci tangan menggunakan sabun
  • Pastikan menggunakkan masker hanya satu kali pakai

Itu dia artikel yang dapat ZalrizBlog bagikan apabila bagi teman-teman bermanfaat silakan share pada tombol yang tertera, terima kasih ๐Ÿ‘€

Sumber referensi :
  1. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 27 Tahun 2017 tentang Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Infeksi di Fasilitas Pelayanan Kesehatan.
  2. Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Infeksi RSUP Dr Kariadi Semarang tahun 2019