Di Kala Pandemi, Jangan Sampai Obesitas Menyerangmu

Di Kala Pandemi, Jangan Sampai Obesitas Menyerangmu


Sejak awal adanya pandemi, pemerintah meminta seluruh lapisan masyarakat Indonesia untuk berada di rumah atau mengurangi kegiatan di luar rumah. 

Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Semakin hari, hasil swab test positif terus bermunculan. Angka kematian ada di atas rata-rata, meski angka kesembuhan kini juga sudah cukup tinggi.


Karena sering di rumah, banyak orang jadi jarang bergerak bahkan banyak makan berat atau makanan camilan karena ada rasa bosan. Kalau terus-terusan begini, akan meningkatkan resiko terjadinya obesitas pada banyak orang. 

Daftar Isi

Selain itu, karena pikiran terlalu terpusat pada bagaimana cara mencegah agar tidak tertular virus Corona, maka nggak jarang orang jadi lupa atau lalai dalam mencegah penyakit lainnya.

Bahaya Obesitas dan Covid-19  


Obesitas bisa muncul karena keturunan atau gaya hidup dan bisa membawa penyakit jantung, diabetes, sampai kanker.

Padahal, adanya penyakit bawaan akan rentan terserang Covid-19. Meski bukan berarti yang sehat bugar tidak akan tertular.
 

Bahkan, ada penelitian yang dilansir dari Kompas.com, menyatakan bahwa orang obesitas punya resiko kematian akibat virus Corona sampai dua kali lipat. Wah, bahaya banget kan! Jangan sampai kamu dan orang terdekatmu menjadi orang yang obesitas karena banyak menghabiskan waktu di rumah saat pandemi.

Pencegahan Covid-19


Selain mencegah penularan Covid-19 dengan melakukan protokol kesehatan kapan pun dan di mana pun kamu berada, kamu juga harus mencegah terjadinya obesitas. Lakukan olahraga ringan minimal 30 menit per hari. Biasakan untuk tidak terlalu lama duduk atau rebahan, regangkan badan dan lakukan kegiatan ringan seperti jalan keliling rumah atau naik turun tangga di sela-sela kegiatan duduk atau rebahan.

Penting untuk mengatur pola makan yang sehat, jangan asal makan makanan yang ada di rumahmu. Makanlah makanan bergizi yang sudah dianjurkan oleh para pakar gizi atau Menkes. Kurangi makan makanan ringan yang mengandung MSG dan gula.
 

Kalau mau kamu bisa membuat camilan sehat sendiri, tinggal cari di internet, pilih menu kesukaanmu, dan masak. Nggak perlu yang ribet, yang penting bisa menghibur mulut yang terasa kosong saat nggak ada kegiatan.

Ajak serta keluarga dan teman-temanmu untuk menghindari terjadinya obesitas. Sehat bareng bakal lebih menyenangkan, setuju kan?