CPNS Kabupaten Cirebon 2021 : Jadwal Pendaftaran, Formasi dan Soal SKD

CPNS Kabupaten Cirebon 2021 : Jadwal Pendaftaran, Formasi dan Soal SKD


Daftar Formasi CPNS Kabupaten Cirebon Tahun 2021 - Hai sobat pejuang CPNS, khususnya buat kamu yang akan mendaftar CPNSnya di Kabupaten Cirebon di sini admin akan membagikan sedikit informasi mengenai jadwal pendaftaran, formasi dan soal SKD yang mungkin bermanfaat buat kamu.


Nah buat sobat yang akan mendaftarkan diri untuk seleksi CPNS di Kabupaten Cirebon ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan. Apa saja sih? Yuk lihat di bawah ini :

  1. Persyaratan CPNS Kabupaten Cirebon 2021
  2. Berkas Administrasi CPNS Kabupaten Cirebon 2021
  3. Passing Grade CPNS 2021
  4. Alur Pendaftaran CPNS 2021
  5. Jadwal Pendaftaran CPNS Kabupaten Cirebon 2021
  6. Formasi CPNS Kabupaten Cirebon 2021
  7. Lokasi Ujian CPNS Kabupaten Cirebon 2021
  8. Download Contoh Soal CPNS 2021 PDF

Beberapa hal di atas adalah yang perlu kamu ketahui, nah kali ini ZalrizBlog akan membahas apa saja yang harus disiapkan seperti yang diseutkan tadi di atas. Oke deh yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Persyaratan CPNS Kabupaten Cirebon 2021


Tidak jauh lebih berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Kabupaten Cirebon selalu mengadakan seleksi CPNS untuk mengisi kekosongan formasi atau instansi yang ada di Kabupaten Cirebon.

Kemudian apa saja yah persyaratan yang harus disiapkannya? Berikut ini adalah contoh persyaratan seleksi CPNS di Kabupaten Cirebon tahun 2019, untuk dijadikan sebuah gambaran agar dipersiapkan pada saat seleksi CPNS 2021

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun pada saat mendaftar
  3. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan Jabatan
  4. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara yang berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih
  5. Tidak pernah diberhentikan secara hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, prajurit Tentara Nasional Indonesia atau diberhentikan secara tidak hormat sebagai pegawai swasta
  6. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau prajurit Tentara Nasional Indonesia
  7. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai serta tidak terlibat politik praktis
  8. Sehat jasmani maupun rohani sesuai dengan persyaratan Jabatan yang dilamar
  9. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau di negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah
  10. Persyaratan lain sesuai kebutuhan Jabatan yang ditetapakan oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).
  11. Sementara untuk persyaratan lainnya sesuai dengan formasi pilihan pelamar akan ditentukan oleh PPK Kementerian / Lembaga / Dinas masing-masing.

Berkas Administrasi CPNS Kabupaten Cirebon 2021


Adapun berkas administrasi yang nantinya pada prses seleksi, kamu hanya bisa dilakukan dengan secara online, mulai dari proses pendaftaran sampai dengan tes ujiannya. Pendaftaran hanya dilakukan pada website resmi Pemerintah yaitu dengan link website sscn.bkn.go.id

Semua berkas seleksi CPNS Kabupaten Cirebon 2021, nantinya sobat harus upload di website resmi tersebut secara online, nah kemudian apa saja berkas persyaratannya kamu bisa lihat di bawah ini

  1. Kartu Tanda Penduduk Elektronik yang sudah terdata di DUKCAPIL (di scan)
  2. Kartu Keluarga (di scan)
  3. Ijazah terakhir Asli (di Scan) , sesuai dengan kebutuhan formasi yang dilamar
  4. Transkrip Nilai terakhir yang telah dilegalisir (discan)
  5. Akreditasi Jurusan yang telah di legalisir (di scan)
  6. STR khusus untuk formasi kesehatan (di scan)
  7. Pas Photo formal latar belakang warna merah (di scan)
  8. Berkas lainnya sesuai dengan kebutuhan yang dilamar

Semua berkas tadi, sobat harus di upload di website resmi, dan diubah ukurannya 100-500 Kb dengan bentuk format menjadi PDF.

Pastikan format dan ukuran filenya apakah sudah sesuai dengan apa yang diminta oleh sistem baik itu persyaratan formasi maupun websitenya.

Alur Seleksi Pendaftaran CPNS Tahun 2021


Tahapan seleksi Penerimaan CPNS tahun 2021 dapat dipastikan hampir sama dengan CPNS tahun 2019. Dimana sistem pendaftaran nya masih melalui website SSCN dan menggunakan sistem Computer Assisted Tes (CAT) untuk proses ujiannya.

Alur Pendaftaran Melalui Website SSCN BKN


  1. Buka website SSCN (https://sscn.bkn.go.id/)
  2. Buat akun SSCN dengan menggunakan E-KTP dan KK
  3. Login dengan menggunakan NIK dan pasword yang telah dibuat sebelumnya. Pastikan kalian mengingat paswordnya dengan baik.
  4. Cetak Kartu informasi Akun
  5. Upload Foto diri memegang E-KTP dan Kartu Informasi Akun
  6. Lengkapi Biodata
  7. Pilih formasi dan jabatan sesuai dengan pendidikan
  8. Lengkapi data dan Unggah dokumen yang diminta
  9. Cek Resume dan finalisasi
  10. Cetak Kartu Pendaftaran SSCN 2021

Hal yang harus sobat perhatikan pada alur ini yang paling terpenting ialah, pastikan jaringan internet lancar serta pantau terus websitenya secara berkala dan biasanya pendaftaran akan dibuka selam 2 sampai dengan 3 minggu.

Alur Seleksi CPNS 2021 Secara Umum


  1. Pengumuman Jadwal Pendaftaran dari pemerintah daerah dan instansi masing-masing
  2. Peserta melakukan pendaftaran melalui portal SSCN
  3. Seleksi Berkas Administrasi CPNS 2021
  4. Pengumuman Hasil Seleksi Berkas Administrasi dan Jadwal serta Lokasi Ujian SKD CPNS 2021
  5. Pelaksanaan Ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2021
  6. Pengumuman Hasil Ujian SKD dan Jadwal serta Lokasi Ujian SKB CPNS 2021
  7. Pelaksaan Ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)
  8. Pengumuman Hasil Ujian SKB
  9. Pengumuman Kelulusan Peserta CPNS 2021
  10. Pemberkasan
  11. Pemberian NIP dan SK

Passing Grade CPNS 2021


Passing grade atau nilai ambang batas merupakan nilai yang ditetapkan oleh pihak BKN sebagai standar minimal bagi calon CPNS 2021.

Apabila peserta CPNS tidak dapat memenuhi passing grade maka dapat dipastikan peserta tersebut gagal dan tidak dapat mengikuti tahapan selanjutnya.

Jika melihat seleksi sebelumnya dari nilai passing grade tahun 2019, dimana untuk umum nilai TWK nya 65, TIU 80 dan TKP 126 serta nilai total 271.

Maka dapat diperkirakan bahwa nilai ambang batas untuk CPNS tahun 2021 tidak akan jauh berbeda dengan nilai ambang batas pada tahun 2019.

Bagaimana jika misalnya nilai total kamu sudah melebihi dari nilai passing grade tetapi ada satu bagian pada nilai tes tersebut masih kurang. Apakah kamu dinyatakan lulus atau bagaimana ?.

Kamu baru dinyatakan lulus ujian SKD ketika semua bagian tes (TWK, TIU, TKP) tersebut sudah memenuhi atau melebihi nilai yang telah di tetapkan.

Jadwal Pendaftaran CPNS Kabupaten Cirebon 2021


Pendaftaran CPNS direncanakan akan dibuka pada bulan April – Mei 2021. Sedangkan untuk penetapan jumlah formasinya akan akan diumukan pada bulan Maret.

Namun jadwal ini bisa saja berubah seiring dengan kondisi dan kesiapan dari instansi dan penyelenggara CPNS Tahun 2021, mengingat saat ini masih wabah Covid-19.

BKPSDM Kabupaten Cirebon / Pemda Kabupaten Cirebon


Semua informasi mengenai proses seleksi CPNS Kabupaten Cirebon Tahun 2021 mulai dari Persyaratan dan Berkas Adminitrasi, Alur Pendaftaran, Pengumuman Jadwal Pendaftaran, Penetapan Lokasi Ujian hingga pengumuman hasil dilaksanakan dan menjadi tanggung jawab Dinas BKPSDM Kabupaten Cirebon.

Oleh sebab itu jika sobat butuh informasi terkait dengan proses seleksi penerimaan CPNS Kabupaten Cirebon tahun 2021, kamu dapat mengecek langsung di kantor BKPSDM Kabupaten Cirebon atau melalui website resmi BKPSDM Kabupaten Cirebon atau Pemda Kabupaten Cirebon (http://bkpsdm.cirebonkab.go.id/)

Formasi CPNS Kabupaten Cirebon 2021


Jumlah formasi yang dibutuhkan pada seleksi CPNS Tahun 2021. Pihak BKN akan melakukan koordinasi terlebih dahulu dengan setiap instansi dan pemerintah daerah terkait.

Secara umum jumlah formasi yang dibuka pada tahun ini yaitu 1,3 juta. Adapun rinciannya adalah sebagai berikut :

  1. Guru PPPK sebanyak 1 juta formasi .melalui skema yang menjadi program kementerian pendidikan dan kebudayaan (untuk Pemda).
  2. Selain guru, sebanyak 70 Ribu formasi PPPK untuk jabatan fungsional.
  3. 119.000 Formasi untuk berbagai jabatan teknis termasuk tenaga kesehatan.
  4. 83.000 Formasi untuk instansi pemerintah pusat dengan presentase 50% PPPK dan 50% CPNS.

Untuk formasi CPNS Kabupaten Cirebon sobat dapat lihat infonya di bawah ini, selain itu kamu juga dapat unduh file tersebut, klik cara download
 

Selain itu untuk mengetahui info lebih jelasnya sobat dapat menunggu informasi dari wesie resmi BKPSDM Kabupaten Ciebon / Pemda Kabupaten Cirebon.

Lokasi Ujian CPNS Kabupaten Cirebon 2021


Lokasi Ujian CPNS Kabupaten Cirebon 2021 kemungkinan besar masih seperti tahun sebelumnya. Namun untuk lebih pastinya nantinya, kamu dapat mengetahui nya ketika sudah ada Pengumuman resmi dari BKPSDM Kabupaten Cirebon melalui di website resmi mereka.

Download Contoh Soal CPNS Tahun 2021


Nah buat sobat yang akan mengikuti seleksi CPNS tahun 2021, di bawah ini ada beberapa contoh soal CPNS yang mungkin dapat jadikan referensi untuk seleksi CPNS 2021, cara download lihat di sini

Demikian artikel mengenai informasi tentang CPNS Kabupten Cirebon dengan pembahasan pendaftaran, formasi dan contoh soal SKD. Semoga bermanfaat buat sobat yang akan mengikuti tes seleksi CPNS di Kabupaten Cirebon.