Apa yang Dimaksud dengan Payroll? Manfaat beserta Fungsinya

Apa yang Dimaksud dengan Payroll? Manfaat beserta Fungsinya


Apa itu Payroll? Manfaat dan Metode Menghitungnya - Bekerja merupakan sebuah aktivitas sehari-sehari yang dilakukan oleh seseorang, terlebih lagi jika bekerja di sebuah perusahaan.

Menjadi karyawan pada sebuah perusahaan adalah impian semua orang, termasuk admin sendiri. Dengan bekerja di sebuah perusahaan dan melalui semua pekerjaan di perusahaan tersebut dengan keahlian masing-masing akan memperoleh upah/gaji.

Dalam hal ini, admin akan membagikan informasi yang mungkin bermanfaat untuk sobat yang sudah menjadi karyawan. Pada saat bekerja mungkin sobat pernah mendengar beberapa istilah di perusahaan salah satunya adalah Payroll.

Nah, apa sih yang di maksud Payroll ini? Yuk simak sobat penjelasannya di bawah ini agar kalian jauh lebih tau dan mengerti istilah ini

Apa itu Payroll?


Payroll adalah sebuah proses yang dilakukan dengan sistem baik secara otomatis maupun manual untuk penggajian karyawan oleh perusahaan mulai dari komponen gaji, sampai penggajian pada periode waktu tertentu.

Selain itu Payroll ini juga sudah banyak dikenal masyarakat luas terutama banyak dikenal oleh sebuah perusahaan

Manfaat dan Fungsi Payroll


Untuk manfaat dan fungsi Payroll sendiri adalah dapat memudahkan sebuah perusahaan untuk proses penggajian karyawan, karena dengan menggunakan sistem ini akan berjalan secara otomatis meskipun harus tetap dipantau dengan begitu penggajian kepada karyawan pun tidak perlu menunggu terlalu lama.

Metode Menghitung Payroll


Pada setiap perusahaan memiliki kebijakannya masing-masing mengenai penggajian terhadap karyawan, akan tetapi perusahaan harus mematuhi sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku berikut eberapa metode yang harus diperhatikan.

Metode Netto


Metode netto adalah gaji yang diterima karyawan sudah dilakukan pemotongan pajak penghasilan (PPh 21) dan juga iuran jaminan sosial seperti BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

Metode ini menyebabkan perusahaan akan menghitung besaran pajak dan juga membayar iuran jaminan sosial para karyawan. Sehingga karyawan otomatis akan menerima gaji bersih dan tidak perlu lagi menghitung besaran potongan pajak dan jumlah iuran.

Metode Gross


Lain halnya dengan metode netto, pada metode gross ini para karyawan harus melakukan perhitungan dan pembayaran sendiri jumlah besaran pajak. Dalam metode ini, perusahaan akan memberikan gaji tanpa melakukan perhitungan pemotongan gaji serta membayar iuran jaminan sosial.

Metode Gross Up


Untuk metode gross up, perusahaan akan memberikan tunjangan pada gaji karyawan sesuai dengan jumlah pajak atau pembayaran iuran jaminan sosial seperti BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa perusahaan yang menggunakan metode gross up akan menanggung seluruh biaya pajak dan iuran dengan menyertakan tunjangan pajak pada gaji yang diberikan.

Tetapi, setiap karyawan wajib untuk membayar kewajiban pajaknya secara mandiri. Setelah karyawan membayar wajib pajak, mereka harus melaporkannya kepada perusahaan.

Nah dari ketiga metode di atas memungkinkan perusahaan mempunyai kewenangan masing-masing serta pasti mempunyai kelemahan dari ketiga metode tersebut, jadi perusahaan harus memilih yang cocok untuk menggunakan metode yang mana.

Akhir Kata


Itulah sobat ZalrizBlog artikel yang dapat admin bagikan mengenai seputar pengertian apa itu Payroll? semoga bermanfaat buat kamu yang sedang mencari pengertian apa itu Payrol. Terima Kasih