Cara Membuat Custom Permalink agar Lebih SEO di Blog

Cara Membuat Custom Permalink agar Lebih SEO di Blog


Cara Membuat Custom Permalink di Blog - Pada saat Anda menulis artikel di blogspot apabila artikel tersebut sudah terpublish maka secara otomatis tulisan artikel Anda di blog terdapat permalink atau biasanya disebut URL.

Penulisan permalink di blog secara default atau otomatis memang akan mengikuti apa sesuai dengan judul tulisan artikel Anda, namun hal inilah yang perlu diperhatikan oleh blogger agar mengedit atau mengganti permalink tersebut sesuai keinginan Anda.

Dengan mengganti permalink artikel Anda dengan sesuai keinginan, memungkinkan artikel tersebut akan terlihat lebih SEO dibandingkan dengan permalink yang hanya otomatis dibuat, karena dengan mengganti permalink Anda dapat membidik keyword yang sudah ada, sesuai dengan isi artikel Anda.

Apa Itu Permalink?


Mungkin beberapa dari Anda juga masih ada yang belum mengetahui apa itu permalink. Permalink berasal dari kata Permanent Link atau sebuah tautan permanen pada sebuah alamat tulisan artikel Anda di blog mungkin banyak orang menyebutnya URL. Contoh permalink artikel ini adalah https://www.zalrizblog.com/2021/11/cara-custom-permalink.html

Mengapa Permalink Harus Ditulis Manual?


Seperti penjelasan di atas, secara default permalink diblog akan otomatis mengikuti sesuai judul artikel Anda, oleh karena itu permalink ini harus dibuat manual atau dimodifikasi oleh Anda, mengapa? mungkin beberapa hal di bawah ini dapat lebih Anda pahami.

  1. Meletakkan/Membidik kata kunci (keyword)
  2. Permalink lebih mudah dipahami dan dibaca
  3. Membuat permalink menjadi lebih pendek
  4. Permalink lebih SEO Friendly

Cara Custom Permalink di Blog


Untuk mengedit menual atau memodifkasi permalink di blog sangatlah mudah karena di blogspot sudah terdapat fitur yang tersedia Anda dapat melakukannya pada saat menulis artikel postingan, namun custom permalink sebaiknya dilakukan pada saat artikel belum di publish.

Langkah Custom Permalink di Blog


  1. Login ke blogspot.com
  2. Buatlah artikel dan judul postingan
  3. Pilih edit Link


  4. Pilih Permalink Khusus
  5. Tentukan alamat link sesuai keinginan Anda pastikan terdapat bidikan keyword
  6. Pastikan setiap kata masukkan tanda (-)


  7. Done, enjoy!

Akhir Kata


Itulah ulasan tutorial singkat yang dapat ZalrizBlog bagikan mengenai cara membuat custom permalink di blogspot dengan begitu artikel tulisan Anda jauh lebih SEO semoga dapat membantu, terima kasih.