Cara Mematikan Komputer Otomatis dengan Mudah

Cara Mematikan Komputer Otomatis dengan Mudah


Cara Mematikan Komputer Otomatis - Mematikan sebuah laptop ataupun komputer secara otomatis menjadi hal yang dibutuhkan oleh beberapa orang, seperti halnya jika Anda sedang mengerjakan sesuatu atau sedang menonton streaming film di internet namun sudah larut malam.

Ketika waktu sudah memasuki waktu larut malam saat mengerjakan tugas atau menonton film, terkadang membuat Anda menjadi mengantuk dan terlanjur ketiduran sedangkan komputer atau laptop tersebut masih menyala.

Mungkin, daripada komputer menyala terus-menerus dan memakan biaya listrik akan lebih baik dimatikan terlebih dahulu, selain itu komputer atau laptop Anda juga butuh istirahat bukan?

Nah bagi Anda yang selama ini terus menyalakan komputer sampai larut malam dan ketiduran, ada cara otomatis agar komputer tersebut dimattikan atau shutdown otomatis.

Seperti apa yang dijelaskan di atas, pada kesempatan kali ini ZalrizBlog akan membagikan tutorial cara mematikan komputer atau laptop secara otomatis, seperti apa sih caranya? Yuk perhatikan penjelasannya di bawah ini

Cara Mematikan Komputer Secara Otomatis


Cara mematikan komputer dengan otomatis sebenarnya sangat mudah dilakukan, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah untuk men-setting dan memastikan komputer tersebut agar shutdown otomatis, cara yang admin bagikan kali ini adalah menggunakan metode melalui CMD.

Cara Mematikan Komputer Otomatis pada Jam Tertentu


  1. Tekan tombol Windows + R (secara bersamaan)
  2. Kemudian muncul menu Run pada desktop
  3. Selanjutnya ketikkan perintah berikut ini shutdown -f -s -t
  4. Lalu, tekan Ok atau Enter


  5. Done, enjoy!

Kemudian, untuk memastikan apakah komputer akan dimatikan dengan otomatis Anda harus melihat menu yang muncul atau pop up, biasanya muncul di bagian kanan bawah contohnya seperti gambar di bawah ini


Gambar tersebut menandakan bahwa Anda telah berhasil mengatur waktu shutdown selama 60 menit, selain itu Anda juga dapat mengatur waktu otomatis berapa menit ingin dimatikan secara otomatis pada komputer terseebut dengan mengganti angka 3600 (dalam detik).

Cara Membatalkan Shutdown Otomatis


Selain sebenarnya bisa tidak sih cara membatalkan kembali agar komputer tidak dimatikan secara otomatis? Tentu saja bisa, Anda perlu mengatur kembali pada perintah mode CMD lagi, untuk melihat langkahnya seperti apa? Anda bisa lihat di bawah ini.

Langkah Membatalkan Shutdown Otomatis di Komputer


  1. Tekan tombol Windows + R (secara bersamaan)
  2. Lalu akan muncul menu Run kembali
  3. Ketikkan perintah shutdown -a
  4. Tekan Ok atau Enter


  5. Done, enjoy!

Seperti cara sebelumnya, untuk memastikan apakah perintah sudah aktif anda dapat melihat menu taskbar atau pop up yang muncul di bagian kanan bawah seperti gambar yang ada di bawah ini


Apakah cara ini dapat dilakukan pada windows 8 dan 10? Tentu saja bisa, tutorial ini tidak hanya pada cara mematikan komputer otomatis windows 7 saja namun Anda juga dapat melakukannya pada sistem operasi windows 8 dan windows 10. (cara ini sudah ditest oleh admin sendiri)

Sebenarnya juga masih banyak cara untuk mematikan komputer secara otomatis, akan tetapi admin rasa cara inilah yang sangat mudah digunakan, jadi tunggu apalagi gunakan dengan metode CMD yang simpel ini.

Akhir Kata


Itulah sobat ZalrizBlog tutorial mengenai cara mematikan komputer otomatis semoga dapat bermanfaat, dengan begitu Anda dapat mengaturnya dengan cara mematikan komputer pada jam tertentu, terima kasih.