Langkah Awal Membuat Poster yang Harus Diketahui

Langkah Awal Membuat Poster yang Harus Diketahui


Langkah-Langkah Membuat Poster - Membuat sebuah poster merupakan salah satu sebuah kewajiban bagi perusahaan ataupun instansi, dengan membuat poster bisa menjadikan instansi atau perusahaan tersebut dikenal.

Sebenarnya tidak hanya instansi dan perushaan saja yang melakukan atau membuat poster, mungkin pada saat Anda bersekolah pernah ditugaskan untuk membuat sebuah poster.

Apa itu Poster?


Secara umum, pengertian poster adalah sebuah media komunikasi visual dimana bertujuan untuk menginformasikan sesuatu ataupun bisa saja sebuah ajakan dan edukasi. Biasanya, poster terdiri dari gambar serta tulisan yang dibuat secara rapi dan menarik.

Lalu bagaimana cara membuat membuat poster yang baik? Anda dapat lihat penjelasannya di bawah ini

Langkah Pertama Sebelum Membuat Poster


Sebelum membuat poster ada beberapa hal yang harus diperhatikan, agar apa yang Anda rencanakan dalam membuat poster dapat mencapai tujuan yang diinginkan tentunya sesuai dengan tema yang sudah dipersiapkan sebelumnya oleh Anda. Berikut langkah awal membuat poster adalah

Menentukan Topik dan Tujuan


Langkah pertama untuk membuat poster adalah menentukan topik dan tujuan poster, seperti penjelasan sebelumnya menentukan topik dan tujuan poster harus disesuaikan dengan tema apa yang akan disampaikan kepada para pembaca

Contoh topik dan tujuan poster adalah sebuah informasi, edukasi atau sebuah ajakan, melakukan promosi, menunjukkan sesuatu, dan atau membuat akan penasaran sesuatu.

Memilih Kata dan Menyusun Kalimat


Setelah langkah membuat tujuan poster sudah ditentukan, langkah selanjutnya adalah menyusun kalimat dan memilih kata yang benar, usahakan sesuai dengan tujuan dan topik poster.

Menyusun kalimat poster harus menggunakan kata yang singkat, padat, namun jelas dan mudah dipahami bagi pembaca, bahasa yang digunakan tidak boleh ambigu dan bertele-tele.

Menentukan Gambar yang Menarik


Langkah selanjutnya adalah Anda harus membuat gambar yang menarik sesuai dengan topik mapun kalimat yang sudah ditentikan, gambar harus jelas serta manarik perhatian.

Memperhatikan Letak Huruf dan Gambar


Dengan memperhatikan letak huruf dan gambar, ii yang memungkinkan untuk menjadi menarik perhatian bagi pembaca, karena dengan begitu pembaca pun akan menjadi suka dan segera melihat poster tersebut.

Mencetak Poster


Mencetak poster ke media, Anda dapat melakukannya untuk menuju ke tahap akhir yaitu menyebarluaskan poster tersebut atau mempublikasikannya agar informasi pada poster tersebut dapat diketahui oleh pembaca

Poster bisa dicetak melalui kertas biasa ataupun kertas foto tergantung dengan konsep yang dibuat.

Mempublikasikan Poster


Tahap terakhir langkah membuat poster adalah mempublikasikannya, dalam meletakkan poster pada saat dipublikasi atau menyebarluaskannya harus diperhatikan sesuai dengan isi topik dan tujuan poster.

Contoh poster tentang kebersihan lingkungan agar tidak membuang sampah sembarangan, poster ini bisa diletakkan pada semua tempat umum atau pada tempat yang memang lingkungannya harus bersih.

Di bawah ini adalah sebuah contoh poster ajakan yang menginformasikan agar tidak membuang sampah sembarangan

Ilustrasi Gambar Google

Akhir Kata


Demikian artikel yang dapat ZalrizBlog bagikan mengenai Langkah Awal Membuat Poster, semoga bermanfaat untuk Anda, terima kasih.