Apa itu Deposito? Perbedaan Deposito dan Tabungan Biasa

Apa itu Deposito? Perbedaan Deposito dan Tabungan Biasa


Pengertian Deposito dan Perbedaan dengan Tabungan Biasa - Sobat mungkin pernah mendengar istilah atau pernah melihat kata/kalimat di mesin ATM dengan tulisan "Deposito", atau sobat pernah melihat juga di sebuah iklan.

Memang kata-kata deposito ini tidaklah jauh dari keuangan, tidak salah memang jika terdapat di mesin ATM dan bank, nah sementara itu sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan deposito itu?

Pada kesemapatan kali ini ZalrizBlog akan membagikan informasi apa sih yang dimaksud dengan deposito, lalu apa perbedaannya dengan tabungan/simpanan biasa?
Ingin mengetahui seperti apa penjelasannya yuk simak di bawah ini sob!

Apa itu Deposito?


Deposito adalah sebuah produk penyimpanan uang yang disediakan oleh pihak bank dengan sistem penyetorannya diawal sesuai dengan kesepakatan tertentu.

Selain itu tabungan deposito ini menggunakan peraturan atau ketentuan penarikan dalam jangka waktu terntentu sesuai kesepakatan tersebut dengan pihak bank terkait.

Meskipun dana tabungan yang telah disetorkan memiliki jangka waktu tertentu untuk diambil, tabungan deposito ini memiliki keunggulan dibanding dengan tabungan/simpanan biasa, pihak bank akan memberikan jumlah bunga yang berbeda dibanding tabungan biasa per tahunnya.

Jangka waktu pengambilan dana pada bank umumnya memiliki waktu 1 hingga 24 bulan. Bahkan semakin lama waktu penyimpanan semakin besar jumlah bunga yang dihasilkan

Namun apabila sobat mengambil dana yang ada di tabungan deposito ini tidak dalam jangka waktu yang telah ditentukan, maka saat pengambilan sobat terkena denda atau penalty.

Jenis-jenis Deposito


Adapun jenis-jenis deposito, deposito ini dibagi menjadi tiga jenis yakni deposito berjangka, sertifikat dan deposit on-call, untuk lebih jelas sobat dapat lihat di bawah ini

Deposito Berjangka


Deposit berjangka adalah tabungan berjangka yang paling banyak digunakan masyarakat. Contoh deposito berjangka diambil pada waktu tertentu mulai dari 1, 2 hingga 24 bulan.

Deposito Sertifikat


Sertifikat deposito sama seperti jenis deposito berjangka yang memiliki jangka waktu tertentu. Tetapi, dalam deposito jenis ini sertifikat deposito diterbitkan dalam bentuk sertifikat yang tidak mengacu pada perseorangan maupun lembaga tertentu.

Deposito On Call


Berbeda dengan jenis deposito sebelumnya, deposito on call memiliki jangka waktu yang jauh lebih singkat yaitu minimal 7 hari hingga kurang dari 1 bulan.

Akan tetapi, minimum jumlah uang yang harus disetorkan pun harus dalam jumlah besar, dari 50 juta Rupiah atau bahkan hingga 500 juta tergantung ketentuan dari setiap bank.

Tabungan/Simpanan Biasa


Tabungan adalah simpanan pada sebuah bank yang penarikannya dapat dilakukan sesuai ketetapan tertentu sesuai kesepakatan yang dilakukan. Nasabah atau pemilik rekening dapat mengambil dana atau transfer melalui mesin ATM.

Manfaat rekening tabungan antara lain untuk menyisihkan sebagian harta, dan memudahkan transaksi sehari-hari seperti pembayaran tagihan atau pembelian barang.

Kesimpulan


Perbedaan paling mencolok antara tabungan dan deposit adalah jenis produknya. Deposit merupakan produk investasi sementara tabungan merupakan produk penyimpanan uang, selain itu juga waktu pengambilan dananya juga merupakan hal yang paling membedakan.

Nah gimana sobat ZalrizBlog sekarang sudah tau apa perbedaan deposito dan tabungan biasa? Jika sudah tau, jangan lupa buat share ke sobat lain yang belum tau yah! Semoga bermanfaat.