Contoh Makalah Buah Belimbing

Contoh Makalah Buah Belimbing


Contoh Makalah Belimbing - Hai Sobat, kamu sedang mencari referensi untuk tugas sekolah atau kuliah kamu? khususnya untuk siswa dan mahasiswa yang terjun di sekolah maupun jurusan Pertanian.

Sudah menjadi kewajiban sebagai siswa maupun mahasiswa untuk mengerjakan sebuah tugas dari sekolahnya dengan tujuan agar siswa tersebut juga menjadi bertambah wawasannya tentang pelajaran apa yang dibahas.
Nah, pada kesempatan kali ini admin akan membagikan sebuah contoh makalah yang mungkin dapat dijadikan referensi buat sobat sekalian

Contoh makalah yang akan dibahas oleh admin kali ini yaitu makalah tentang buah belimbing

Makalah Belimbing


Untuk mengetahui lebih jelas seperti apa contoh makalah buah belimbing yang admin bagikan kali ini untuk dijadikan referensi, kamu dapat melihat previewnya di bawah ini

Preview Makalah Buah Belimbing


Contoh makalah buah belimbing ini dapat sobat jadikan referensi tambahan untuk bahan pembelajaran dan pembahasan pada saat di kelas, kuy sob lihat langsung!

Pendahuluan


Latar Belakang


Belimbing adalah tumbuhan penghasil buah berbentuk khas yang berasal dari Indonesia, India, dan Sri Langka. Saat ini, belimbing telah tersebar kepenjuru Asia Tenggara, Republik Dominika, Brasil, Peru, Ghana, Guyana, Tonga, dan Polinesia. 

Usaha penanaman secara komersial dilakukan diAmerika Serikat, yaitu di Florida Selatan dan Hawaii. Di Indonesia, buah ini menjadi ikon kota Depok, Jawa Barat, sejak tahun 2007.

Alasan memilih buah belimbing karena bentuknya yang unik, enak dilihat seperti bintang, rasanya yang manis, dan banyak lagi. Blimbing manis dikenal dalam bahasa latin dengan nama Averhoa carambola L. berasal dari keluarga Oralidaceae, marga Averhoa

Tujuan


  1. Untuk mengetahui apa itu Belimbing, dari mulai penanamannya, perawatan, dll?
  2. Untuk mengetahui bagaimana cara penanamannya?
  3. Memenuhi tugas mata kuliah penyuluhan pertanian.
  4. Mengembangkan daya pikir maupun daya kritis kita sebagai mahasiswa Fakultas Pertanian.

Tinjauan Pustaka


Sejarah Buah Belimbing


Menurut sejarah persebarannya belimbing termasuk satu jenis buah tropis yang sudah lama dikenal dan ditanam di Indonesia. Berdasarkan penelusuran dari literatur, ditemukan bahwa tanaman belimbing berasal dari kawasan Asia, terutama Malaysia. 

Namun Nikolai Ivanovich Vavilovanaman, seorang botani Soviet memastikan sentrum utama tanaman belimbing adalah India, kemudian menyebar luas ke berbagai negara yang beriklim tropis lainya (Rahmat Rukmana, 1996).

Klasifikasi Buah Belimbing


Dalam dunia tumbuh-tumbuhan, belimbing diklasifikasikan  sebagai berikut:
Kingdom : Plantae (tumbuh-tumbuhan)
Divisi : Spermatophyta (tumbuhan berbiji) 
Sub-divisi : Angiospermae (berbiji tertutup) 
Kelas : Dicotyledonae (biji berkeping dua)
Ordo : Oxalidales
Famili : Oxalidaceae
Genus : Averrhoa
Species : (Averrhoa carambola L) belimbing manis (Averrhoa blimbi L) belimbing wuluh. (Rahmat Rukmana, 1996).

Nama daerah belimbing asam iorbing, Belimbing manis (Sumatra), Belimbing Amis, Belimbing Legi, Belimbing Manes, Belimbing Langir, Belimbing Wuluh (jawa), lumpias manis, rumpiasa, lumpiat, moromanit,  lopias eme, lembetue lombiato, lombituko gula, takule, bainang sulapa,   pulirang, taning, balireng, nggalaboa  (Sulawesi), baknil,  kasluir,haurela  pasaki,  taulela  pasaki,  ifel  emroro, malibi, totofuo, balibi totofuko, taufo (Maluku).

Download Contoh Makalah Buah Belimbing


Buat sobat yang ingin mengetahui lebih lengkap isi dari makalah tentang buah belimbig ini kamu dapat unduh pada link yang tertera di bawah ini, baca cara download di sini

Akhir Kata


Itulah contoh makalah yang dapat admin bagikan mengenai buah belimbing semoga dapat dijadikan referensi untuk pembahasan sobat sekalian sebagai tambahan bahan pembelajaran. Terima kasih