Contoh Makalah Jagung Manis

Contoh Makalah Jagung Manis


Makalah Jagung Manis - Sampai sekarang ini Jagung manis merupakan salah satu makanan pokok di Indonesia setelah tanaman Padi produksi tanaman Jagung juga sangat banyak di Indonesia

Bahkan di Indonesia melalui Kementan, akan menargetkan Jagung untuk panen di tahun 2021 ini mencapai 22,5 juta ton. Dengan luas panen 4,2 juta ton dan produktivitas 5,4 ton per hektare. Wah banyak banget yaa sob!

Nah berdasarkan penjelasan di atas, tanaman Jagung manis ini masih sangat besar sekali potensinya apabila dibudidayakan karena memang jumlah penduduk Indonesia yang banyak otomatis kebutuhan akan makanan pokok termasuk Jagung manis ini juga akan banyak

Pada kesempatan kali ini ZalrizBlog akan membagikan sebuah contoh makalah tentang Jagung manis yang mungkin bisa menjadi sebuah referensi bahan bacaan di sekolah sobat.
Selain menjadi referensi bahan bacaan juga mungkin bisa dijadikan untuk berdiskusi dengan sobat di kampus pada saat kuliah terkait bagaimana pengelolaan budidaya Jagung manis yang baik sehingga mencapai produksi yang maksimal dan menguntungkan bagi Petani.

Contoh Makalah Tanaman Jagung 


Buat sobat yang sedang membutuhkan referensi untuk sebuah makalah atau tugas dari sekolahnya kamu dapat melihat contohnya di bawah ini

Preview Makalah tentang Jagung


Kamu bisa jadikan referensi contoh makalah budidaya jagung ini dan jadikan sebagai bahan bacaan yang mungkin bisa menambah wawasan tentang Jagung manis buat kamu.

Pendahuluan


Latar Belakang


Tanaman jagung secara spesifik merupakan tanaman pangan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia ataupun hewan.

Jagung merupakan makanan pokok kedua setelah padi di Indonesia. Sedangkan, berdasarkan urutan bahan makanan pokok di dunia, jagung menduduki urutan ketiga setelah gandum dan padi.

Tanaman jagung hingga kini dimanfaatkan oleh masyarakat dalam berbagai bentuk penyajian, seperti : tepung jagung (maizena), minyak jagung, bahan pangan, serta sebagai pakan ternak dan lain-lainnya.  Khusus jagung manis (sweet corn), sangat disukai dalam bentuk jagung rebus atau bakar (Derna, 2007).

Tujuan


  1. Memenuhi tugas mata kuliah Dasar Agronomi.
  2. Mengembangkan daya pemikiran bagi mahasiswa Fakultas Pertanian terhadap pembudidayaan komuditas  tanaman jagung manis.
  3. Untuk mengetahui lebih luas lagi cara pembudidayaan komuditas tanaman jagung manis.

Tinjauan Pustaka


Klasifikasi Jagung Manis


Tanaman jagung manis termasuk dalam keluarga rumput-rumputan dengan spesies Zea mays saccharata Sturt. Klasifikasi tanaman jagung manis adalah sebagai berikut :

Kingdom : Plantae
Divisio : Spermatophyta
Sub divisio : Angiospermae
Genus : Zea Angiospermae 
Kelas : Monocotyledonae
Ordo : Poales
Famili : Poaceae
Spesies : Zea mays saccharata Sturt 

Syarat Tumbuh


Tanaman jagung dapat tumbuh di dataran rendah sampai dataran tinggi 1300 m di atas permukaan laut (dpl), kisaran suhu antara 13ºC sampai 38ºC dan mendapat sinar matahari penuh.

Tanaman jagung tumbuh dan berproduksi optimum di dataran rendah Indonesia sampai ketinggian 1800 m di atas permukaan laut (dpl), dan memerlukan curah hujan ideal sekitar 85 mm per tahun sampai 200 mm per tahun selama masa pertumbuhan.

Download Makalah Jagung Manis Doc


Untuk mengetahui lebih lengkap contoh makalah ini sampai kesimpulan, sobat dapat unduh link yang terdapat di bawah ini

Akhir Kata


Itulah sobat ZalrizBlog contoh makalah yang dapat admin bagikan mengenai Jagung manis semoga bermanfaat buat sobat sekalian. Terima kasih