Jenis-jenis Port pada Komputer yang Harus Diketahui

Jenis-jenis Port pada Komputer yang Harus Diketahui


Jenis Port pada Komputer - Pada saat membeli komputer mungkin ada beberapa orang yang masih awam beberapa tombol maupun Port yang ada pada komputer.

Tidak hanya buat sobat yang baru membeli komputer namun masih belum tahu apa saja Port yang ada di komputer tersebut, artikel yang akan dibagikan admin di sini juga mungkin sangat bermanfaat buat pelajar.

Pada kesempatan kali ini, admin akan membagikan informasi jenis-jenis Port yang ada pada komputer yang mungkin bisa bermanfaat bagi pelajar baik itu jenjang SMP, SMA/SMK dan perkuliahan di mana sedang membutuhkan informasi ini.

Apa itu Port Komputer?


Port Komputer ialah salah satu penyambung antara komputer dengan perangkat lainnya yang biasa disebut periferalnya, dimana memiliki jenis dan fungsi masing-masing. Periferal yang umum banyak digunakan beberapa diantaranya ialah mouse, keyboard, monitor, printer, speaker dan flash drive.

Jenis Port pada Komputer


Seperti penjelasan di atas admin akan membagikan informasi tentang jenis port di komputer yang harus diketahui karena pada port ini umumnya banyak digunakan.

Port VGA

Port VGA (Video Graphics Array) merupakan port yang terdapat 15 lubang (female) biasanya ditandai dengan warna biru dan hitam serat biasanya terdapt baut untuk pengencang.

Port VGA ini berfungsi dan dapat digunakan untuk konektor monitor, proyektor, televisi dan lain sebagainya, dimana dapat membawa sinyal RGB, HSync dan VSync.

Port USB

Port USB (Universal Service Bus) adalah sebuah port konektor yang terdiri 4 pin utama, dimana dapat digunakan sebagai perangkat penghubung komputer dengan perangkat lainnya umumnya yang digunakan adalah untuk mouse, keyboard, flash drive, handphon dan lain sebagainya.

Port USB di komputer umumnya menggunakan USB tipe A, selain itu USB tipe juga memiliki beberapa varian yaitu :

  • USB 1.0
  • USB 2.0
  • USB 3.0

Apabila kamu memperhatikan, biasanya komputer kebanyakan menggunakan USB 3.0 yang ditandai dengan berwarna biru, sedangkan USB 1.0 dan 2.0 ditandai dengan berwarna hitam.

Apa yang membedakan ketiganya? Tentunya ada perbedaan dengan kecepatan transfer file dan powernya. USB 3.0 adalah yang tercepat saat ini.

Port PS/2

Port PS/2 ialah port yang bentuknya bulat serta terdapat lubang kecil dan persegi panjang kecil, umumnya port ini digunakan untuk konektor keyboard dan mouse.

Port PS/2 terdapat warna ungu dan hijau, di mana warna hijau untuk konektor mouse dan ungu sebagai konektor keyboard

Port Paralel

Port Paralel merupakan port yang memiliki lubang soket terdapat 25 pin yang dapat digunakan pada peralatan model lama contohnya printer dot metrix.

Pada umumnya port ini lebih banyak digunakan pada printer Kasir, printer mesin register dan printer mesin timbang.

Port Power Supply

Port Power Supply adalah port yang terdapat 3 pin dan berwarna hitam serta digunakan sebagai daya komputer yang langsung disambungkan ke sumber daya listrik.

Memiliki 3 pin karena 2 pin berfungsi sebagai sumber listrik arus bolak-balik  AC dan 1 pin untuk ground

Port Ethernet

Port Network atau Ethernet merupakan port yang berfungsi untuk menyambung komputer satu ke komputer lainnya atau port ini juga berfungsi sebagai menyambungkan ke jaringan internet.

Port ini terdapat lubang 8 pin untuk kabel UTP berfungsi sebagai konektor komputer ke router atau switch jaringan.

Selain itu, port ini terdapat lampu berwarna hijau atau oren ketika kabel sudah dicolokkan dan akan menyala berkedip.

Port Audio

Port Audio merupakan port yang digunakan untuk konektor speaker, headset dan mikrofon. port audio ini biasanya juga tidak hanya ada di belakang, di depan pun biasanya sudah terdapat port audio.

Pada umumnya port audio memiliki 3 buah port pada komputer, ada yang berwarna hijau, merah muda dan biru atau hitam, dimana warnaa hijau untuk speaker, merah muda untuk mikrofon dan biru untuk in-line (contoh tape recorder).

Port HDMI

Port HDMI adalah port yang terdapat 19 pin serta dapat berfungsi untuk menyalurkan audio dan visual ke monitor dan televisi.

Seperti namanya HDMI ini hanya mendukung pengiriman video standar dan definisi tinggi (HD) serta audio digital untuk stream data MPEG.

Pada sisi lain port ini dapat digunakan pula ke proyektor yang sudah terdapat slot HDMI.

Akhir Kata


Nah itulah sobat ZalrizBlog penjelasan singkat mengenai jenis port pada komputer yang harus diketahui dimana pada umumnya port tersebut banyak digunakan, semoga bermanfaat.