Cara Membuat Artikel / Postingan di Blog Terbaru

Cara Membuat Artikel / Postingan di Blog Terbaru


Cara Membuat Postingan di Blog - Mungkin banyak pengunjung di situs ini keheranan nama domain dan blognya ZalrizBlog kok kebanyakan membahas tutorial tentang teknologi dan software? Seharusnya ada dong membahasa tutorial cara seputar bloggingnya?

Betul sih memang nama domain dan blog ini terdapat kata "blog" nya di belakang, namun alasan kenapa kebanyakan membahasa tutorial teknologi, software dan lainnya tentunya kembali ke kemampuan admin sendiri yang kebetulan sedikit menguasai tentang hal itu.

Itulah alasan kenapa admin banyak membahas teknologi karena memang lebih sedikit paham tentang hal demikian sehingga admin dapat lebih leluasa untuk berbagi pengetahuan admin dan memasukkannya ke dalam situs ZalrizBlog ini.

Pada kesempatan kali ini, admin akan membahas tutorial cara membuat artikel / postingan di blog.

Tidak seperti postingan sebelumnya yang mungkin banyak membahas tentang teknologi, kali ini admin akan membahasa seputar blog.

Seperti apa cara membuat artikel di blog? Yuk sob simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Membuat Artikel di Blogger


Pada penjelasan kali ini, mungkin admin sudah menganggap bahwa sobat sudah memiliki blog, namun kebingungan bagaimana cara membuat artikel yang menarik dan berkualitas di blog?

Mungkin sudah banyak situs lain juga yang sudah membahasnya, namun kali ini admin akan membahas point terpentingnya yaitu cara membuat artikel blog.

Sebenarnya cara menulis dan membuat artikel di blog terdapat dua cara, yaitu menulis blog di komputer atau laptop dan menulis artikel blog menggunakan HP Android yang sekarang ini sudah banyak digunakan.

Namun, menurut admin akan lebih leluasa apabila membuat dan menulis artikel di blog dengan menggunakan komputer atau laptop. Dan tentunya kembali ke pilihan masing-masing apabila sobat belum mempunyai komputer atau laptop tentunya bisa juga mmenggunakan HP smartphone.

  1. Buka situs blogger.com dan login
  2. Jika sudah login, pilih Postingan Baru


  3. Perhatikan gambar membuat postingan di bawah ini


  4. Perhatikan No.1 Buatlah judul artikel / postingan yang akan sobat buat
  5. Perhatikan No.2 Menu yang ada di blog, layaknya seperti di Microsoft Word mungkin sobat sudah sedikit memahami menu ini, contoh ada jenis huruf / font, bold italic underline, dan lain sebagainya
  6. Perhatikan No. 3 Menu untuk melihat artikel yang sudah sobat buat sebelum dipublikasikan atau Pratinjau dan menu Publikasikan untuk mempublikasikan artikel kamu ke internet dan dilihat oleh orang, selain itu sobat juga dapat memilih tidak dipublikasikan terlebih dahulu atau biasa disebut save sebagai draft pada tombol segitiga terbalik samping pratinjau
  7. Perhatikan No. 4 Terdapat menu Label, Tanggal publikasi, Link, Lokasi, Deskripsi Penelusuran, dan Opsi. Nah di sini mungkin admin hanya akan menjelaskan hal yang terpentingnya saja yaitu
  8. Label, isi dengan kategori yang berkaitan dengan isi artikel kamu contoh "Kesehatan" 
  9. Tanggal Publikasi, tentukan tanggal postingan yang kamu inginkan
  10. Link, sobat tidak perlu mengatur ini karena sudah otomatis, akan tetapi apabila ingin setting custom, pilih permalink khusus.
  11. Deskripsi Penelusuran, isi dengan kalimat paragraf yang ingin ditentukaan oleh sobat
  12. Perhatikan No. 5 isi dengan tulisan artikel yang akan kamu buat layaknya menulis di Ms Word
  13. Done, enjoy!

Akhir Kata


Nah, bagaimana mudah bukan cara membuat artikel blog? semoga bermanfaat buat sobat yang akan belajar dan akan memulai membuat postingan bari di blog, terima kasih.